Sunday, January 3, 2016

Anak Belajar Melalui Contoh Keseharian

Orang tua saya tidak pernah memaksa saya melakukan sholat.
Namun saat melihat ayah saya sujud di atas sajadah mengenakan sarung kotak-kotak kesayangannya tampaknya sangat berbekas ke dalam hati.
Sedemikian rupa hingga sekarang, sholat menjadi bagian dari keseharian yang tak terpisahkan dalam kehidupan saya.
Begitu pun Guru saya berkisah bahwa figur yang sangat berperan menanamkan cinta Al Qurán kepada beliau adalah kakeknya. Dan yang sang kakek lakukan adalah sekadar duduk rapih di depan TV setiap malam Jumát lengkap dengan sarung dan kopiah untuk mengikuti siaran kajian Al Qur'an. Padahal beliau tidak pernah sekali pun menyuruh sang cucu membaca Al Qur'an. Dan sekarang, saya sebagai muridnya bersaksi bahwa Guru saya ini adalah salah satu manusia langka di muka bumi yang demikian dalam kecintaannya kepada Al Qur'an.
Jadi, inti pendidikan pada anak-anak yang utama adalah dengan menanamkan 'rasa' yang baik. Dan hal yang paling efektif untuk menularkan 'rasa'itu adalah dengan mengamalkannya. Seperti kata orang, "Your child will follow your example, not your advice."[]

No comments:

Post a Comment