Tuesday, August 25, 2015

A Little Speech From The Heart

Hari ini saya mengikuti Oudersbijeenkomst, pertemuan orang tua murid dan guru bulanan yang memilih topik "...". Di akhir sesi setiap orang tua dipersilahkan mengungkapkan apa kesan dan pelajaran yang didapatkan pada pertemuan hari ini. Karena Bahasa Belanda saya tidak begitu lancar, saya memilih mengungkapkan dalam bahasa Inggris, sambil terlebih dahulu minta maaf karena belum mahir berekspresi dalam Bahasa Belanda dan tidak sedikit orang tua yang menganggukkan kepalanya tanda empati dan mempersilakan saya untuk bicara apa adanya.

So I said this, "When I walked in this room and followed the session, I'm impressed by the sheer enthusiasm and passion that you all shared. I believe we all love our children and that we want them to become a better person. And that is enough for me...". Saya mengatakan itu dari lubuk hati saya seraya mencoba menatap mata mereka yang hadir satu per satu. Dan saya bisa merasakan koneksi saat mereka mendengarkan saya dan saat saya selesai berbicara mereka terdiam beberapa detik untuk kemudian serempak memberikan standin ovation, sesuatu yang saya tidak duga sama sekali. I guess a speech from the heart really touches heart as well...

Amsterdam, 25 Agustus 2015

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete