Monday, March 7, 2016

Ini Ciri Orang Yang Merdeka

“No one is free who has not obtained the empire of himself. No man is free who cannot command himself.” 
― Pythagoras

Orang yang merdeka adalah mereka yang bebas dari segala jenis perbudakan.
Karena bukan disebut orang yang merdeka apabila ia tidak dapat menentukan arah hidupnya sendiri juga tidak dapat mengendalikan dirinya sendiri dengan terbebas dari segala pengaruh yang mendominasi.

Orang yang merdeka terbebaskan hatinya dari perasaan malu karena merasa kendaraannya tidak sebagus teman-temannya, atau malu karena rumahnya tidak terletak di kawasan yang elit, atau malu karena belum bisa memakai barang-barang "branded"seperti orang-orang yang dia anggap keren.

Orang yang merdeka terbebas dari rasa takut dari makhluk-Nya. Takut dengan masa depan yang dia anggap tidak tentu, takut dengan masa depan orang yang dicintainya, takut dengan 'apa kata orang' dll yang bersumber dari lemahnya cahaya iman yang ada.

Orang yang merdeka sangat menikmati kehidupannya, warna kehidupan seperti apapun dilakoninya dengan baik, terbebas dari keinginan dipuji orang, biar kelihatan keren, ingin dianggap orang berilmu apapun yang menempatkan dirinya lebih tinggi di banding kebanyakan orang.

Silakan berenung dan mengidentifikasi jaring-jaring mana yang merenggut kemerdekaan kita masing-masing. Yang dengannya jiwa kita kehilangan kendali akan raga sebagai kendaraan kita di dunia dan akibatnya kehidupan kita diombang-ambing untuk sekadar memuaskan hawa nafsu dan syahwat semata tanpa kita sadari.

No comments:

Post a Comment